Pemkab Muba Raih Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan

Berita, Headline62 views

HEADLINESRIWIJAYA.COM

LOMBOK– Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menerima Sertifikat Eliminasi Malaria yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI) Budi Gunadi Sadikin pada puncak Peringatan Hari Malaria di Mandalika Lombok, Selasa (31/05/2022).

Menurut, PJ Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi penghargaan yang didapatkan ini merupakan, hasil dari kerja sama dan juga kerja keras yang membuahkan hasil maksimal.

“Prestasi ini tentunya sangat berarti, karena selain dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Muba, juga dapat menjadi memotivasi untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan bidang kesehatan, khususnya penanggulangan dan pemberantasan penyakit malaria di Kabupaten Muba,”Kata Apriyadi.

PJ Muba juga mengatakan, bahwasanya Kabupaten Muba
memiliki kondisi geografis. Daerah  Muba dapat disimpulkan merupakan daerah rawa-rawa, sungai besar dan sungai kecil, wilayah Muba juga terdapat danau-danau kecil dan lebak-lebak.

“Untuk itu, saya atas nama pemerintah Kabupaten Muba mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya. Saya tahu ini bukan hal yang mudah.  Dengan didapatkannya Sertifikat Eliminasi Malaria dari Pemerintah Pusat, bukan berarti upaya penanggulangan kasus malaria tidak diperhatikan lagi, namun justru predikat ini akan semakin meningkatkan sinergitas, kerjasama semua pihak untuk mempertahankan predikat ini sebagai Kabupaten bebas malaria,”ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah Mars menyampaikan, Kabupaten Muba memperoleh Sertifikat Eliminasi Malaria setelah dinyatakan lolos melalui penilaian oleh tim Assesment penilaian eliminasi malaria pusat. Untuk di Provinsi Sumatera Selatan terdapat dua Kabupaten yang mendapatkan Sertifikat Eliminasi Malaria yaitu,
<span;>Kabupaten Muba dan Kabupaten Muratara

“Berdasarkan hasil penilaian oleh Tim Eliminasi Malaria Kemenkes  pada tahun 2021. Alhamdulillah Muba dinyatakan lulus dan mendapatkan Sertifikat Eliminasi Malaria. Kami merasa terharu atas penghargaan ini, Karena mengatasi penyebaran malaria bukan hal yang mudah. Namun atas kerjasama yang telah dilakukan ini, menjadi hasil yang sangat luar biasa. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan juga support yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Muba,”tandasnya.(ty)