Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat R. Andika Dwi Prasetya panen raya bawang merah di Lapas Kls II A Bukittinggi.

Headline38 views

Headline Sriwijaya.com

BUKITTINGGI – kanwil Kemenkumham Sumatera Barat R. Andika Dwi Prasetya panen raya bawang merah yang ditanam warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Biaro, Bukittinggi, Dan meresmikan car wash kendaraan bermotor, Jumat (18/11/2022).

Bawang merah itu ditanam dengan memanfaatkan lahan kosong di bagian samping Lapas, yang cukup luas.

Saat dipanen, bawang merah tersebut tumbuh subur dengan ukuran yang besar. Kakanwil bahkan terkejut melihat hasil panen yang berukuran seperti bawang bombay.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Prasetyo menjelaskan, penanaman bawang merah ini, merupakan salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan WBP, terutama di bidang pertanian.

Ia menjelaskan, semua WBP di Lapas dan rumah tahanan negara (Rutan), di lingkungan Kemenkumham wilayah Sumbar, dilatih agar terampil di bidang pertanian. Lahannya, memanfaatkan area kosong yang tidak termanfaatkan.

Namun, jenis tumbuhan yang ditanam tersebut, katanya, disesuaikan dengan iklim daerah masing-masing, sehingga hasil pertanian tersebut dapat memuaskan.

“Kalau di Bukittinggi ini sangat cocok lahannya ditanam bawang merah,” ungkap Andika, usai panen raya di Lapas Biaro.

Kanwil mengatakan, keberhasilan keterampilan pertanian WBP ini, berkat kerjasama dengan pembina oertaniwn Rahmat Indah Santosa (Ris).

Selain memberikan keterampilan di bidang pertanian, Kanwil Kemenkumham juga memberikan pelatihan lainnya.

“Kita harapkan, setelah keluar dari sini, WBP bisa mandiri dan diterima masyarakat,” ujar Andika, yang berasal dari Lampung itu.

Selain itu, kakanwil juga meresmikan car wash, yang berada di lingkungan Lapas setempat. Car wash itu, dikerjakan oleh WBP yang dinilai layak.

Saat panen raya, kakanwil didampingi Kepala Lapas Biaro Marten, bersama Kepala Lapas lainnya se-Sumatera Barat. ( Anasrul )

Komentar