Antisipasi Bencana Alam, BPBD dan Polres Berkoordinasi

HEADLINESRIWIJAYA.COM.

MUSI RAWAS– Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mendatangi Mapolres Mura, Senin (7/11/2022). Tujuannya untuk berkoordinasi terkait antisipasi dan mitigasi penanggulangan bencana alam.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mura, H Darsan membenarkan bahwa ia berkoordinasi dengan Kabag Ops Polres Mura terkait Antisipasi dan mitigasi penanggulangan bencana alam yakni banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di wilayah Bumi Lan Serasan Sekantenan.

Menurut ia, koordinasi ini penting dilakukan terutama untuk melakukan pemetaan wilayah, langkah antisipasi serta upaya penanggulangannya. Termasuk menyiagakan posko induk dengan sistem piket 1×24 jam oleh 30 personil dan didukung sarana dan prasarana terdiri dari mobil tanki air bersih  unit, mobil rescue, motor trail, perahu karet lcr bermesin 40 pk, 25 pk dan 18 pk, perahu refting, alat selam 2 set lengkap dengan tabung scuba dan life jacket pelampung.

Terlepas dari itu, masyarakat dihimbau untuk siaga banjir, longsor dan puting beliung. Terutama di daerah rawan akan bencana tersebut diantaranya Kecamatan Muara Kelingi, Lakitan, BTS Ulu, Selangit dan Terawas. Sehingga, masyarakat diminta untuk berhati-hati ditengah situasi musim pancaroba yang terjadi saat ini seperti melintasi jalan banyak pepohonan dan masyarakat yang tinggal di jalur daerah aliran sungai (DAS) dengan mengurangi aktifitas sehari-hari. Karena bisa saja terjadi banjir bandang serta selalu update prakiraan cuaca di medsos Facebook BPBD. (*)

Komentar