oleh

Personel Lanud Sut Gelar Latihan SAR  

Headlinesriwijaya.com

Sumbar –Komandan Lanud Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie, S.Sos., psc, diwakili oleh Kepala Dinas Operasi ( Kadisops) Lanud Sutan Sjahrir Letkol Lek Indra Suningra, S.T., M.Si (Han) menghadiri Giat Pelatihan Teknik Pertolongan di Permukaan Air oleh Tim Search and Rescue (SAR) Hanlan Lanud Sut, digelar di sungai Muaro Panjalinan Jl. Bhakti Raya Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (22/6/2022)

Kegiatan Pelatihan SAR tersebut bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel Lanud Sut dalam melaksanakan SAR apabila terjadi musibah orang tenggelam dan bencana alam untuk mendukung tugas operasi perlu dibekali latihan SAR pertolongan agar anggota mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai prosedur yang ada.

Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan (Dansathanlan) Lanud Sut Mayor Kes Suharno mengatakan bahwa potensi kerawanan musibah hampir sama di setiap provinsi, sehingga menjadi atensi bagi kita serta menjadi tujuan utama ketika terjadi musibah di sungai atau laut, diperlukan kecepatan dan respon Tim SAR Lanud Sut.

Lebih lanjut Kadisops Letkol Lek Indra Suningra mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut, menurutnya dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang pertolongan di permukaan air.

“Sehingga potensi pencarian dan pertolongan dapat membantu Basarnas daerah dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi.”ujarny

 

Dikatakan (Kadisops Lanud Sut) bahwa untuk mewujudkan hasil yang optimal, latihan SAR yang akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat serta patuhilah semua prosedur yang berlaku dengan mengutamakan faktor keselamatan, keamanan latihan dan tetap menjaga kesehatan.

Di kesempatan itu juga Perwira Seksi Operasi Satuan Pertahanan Pangkalan ( Pasiops sathan) Lanud Sut Kapten Lek Yunardi mengatakan, Latihan SAR ini merupakan pelaksanaan program Kerja6 Semester I T.A. 2022. Adapun materi yang diberikan dalam latihan SAR ini antara lain meliputi manajemen teknik dasar.

penyelamatan, teknik Pertolongan Korban diatas permukaan air menggunakan Boat LCR dan tehnik menolong serta mengevakuasi Korban di air sesuai program latihan yang sudah terencana.

( anasrul )

Berita Pilihan