GUBERNUR MAHYELDI AJAK WARGA UNTUK SOLID DAN TAK MUDAH DIHASU

Headlinesriwijaya.cim

Limapuluh Kota, -Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi berpesan kepada warga Nagari VII Koto Talago, khususnya Jorong Ampang Gadang Guguk, untuk selalu menjaga soliditas, kebersaman dan sinergitas demi terciptanya situasi yang kondusif di masyarakat. Bila harmonisasi ini terwujud maka apapun ancaman tak akan mengggoyahkan sendi-sendi tatanan sosial di masyarakat. Kukuhnya tatanan sosial juga dibutuhkan dalam melaksanakan program pemerintah mengingat belum pulihnya pertumbuhan ekonomi, terdampak pandemi Covid-19.

 

“Transfer pusat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, tahun ini jauh menurun, dalam situasi normal kita memperoleh hampir Rp. 500 miliar, sekarang tinggal Rp. 250 miliar. Pendanaan masih terfokus dalam pengendalian pandemi Covid-19,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Lebih lanjut, Gubernur Mahyeldi, menjelaskan, pihaknya berkeyakinan warga Ampang Gadang dan Limapuluh Kota pada umumnya, tak mudah terpancing oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Menurutnya dengan _ghirah_ beragama yang kuat serta tingginya persatuan antara sesama warga dan rantau, masyarakat di suatu wilayah takkan mudah terpecah belah hanya karena hasutan belaka. Situasi seperti inilah yang dibutuhkan dalam mengefektifkan pembiayaan yang mengecil kepada program yang lebih terarah sesuai kebutuhan masyarakat.

 

Pesan dan ajakan itu disampaikan Gubernur Sumbar saat bertindak selaku Ketua Tim Safari Ramadhan (TSR) I Provinsi Sumatera Barat di Masjid Al-Ihsan, Jorong Ampang Gadang, VII Koto Talago, di Kecamatan Guguak, Kamis (28/04/2022). Sebelumnya, Gubernur Mahyeldi, berbuka bersama di Masjid Al-Ihsan bersama warga Ampang Gadang. Dalam pelaksanaan Safari Ramadhan, Gubernur Sumbar didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

 

Ketua Pengurus Masjid Al-Ihsan, Mulyadi mengungkapkan sukacita warga Ampang Gadang atas kehadiran Gubernur Sumbar. Kedatangan Gubenur Sumbar, tambah Mulyadi, semakin meneguhkan komitmen warga Ampang Gadang, menjadi benteng syiar Islam di tengah masyarakat dan menjadikan masjid Al – Ihsan sebagai pusatnya. Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Barat menyerahkan bantuan senilai Rp. 50 juta dan buku-buku Al-Qur’an yang diserahkan oleh Asisten III Setda Pemprov Sumbar Andri Yulika kepada Bupati Safaruddin.

 

Sementara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya mengatakan apresiasi kepada TSR I pimpinan Gubernur Sumbar karena tercatat telah tiga kali mengunjungi Kabupaten Limapuluh Kota. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat peduli terhadap kemajuan Limapuluh Kota. Lebih lanjut Bupati Safaruddin mengatakan Kabupaten Limapuluh Kota berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan Provinsi Sumatera Barat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Limapuluh Kota bersamaan halnya dengan Sumatera Barat, berkeinginan untuk mewujudkan susunan masyarakat yang madani, beradat dan berbudaya,” ulas Bupati Safaruddin.

 

Di kesempatan itu, Bupati Safaruddin mengapungkan usulan peningkatan kualitas tiga ruas jalan bersatus provinsi seperti ruas Akabiluru-Tanah Datar, Payakumbuh-Gunung Omeh, serta Pangkalan-Kapur IX. “Kita membutuhkan uluran tangan Provinsi meningkatkan ruas Payakumbuh-Gunung Omeh, yg bernama Jalan Tan Malaka, terutama konstruksi trotoar, drainase,” papar Bupati Safaruddin.(*)