WARGA JORONG TIAKAR DAMBAKAN JALAN, BUPATI SAFARUDDIN PASTIKAN DIFASILITASI

Headlinesriwijaya.com

Lima Puluh Kota, — Warga Jorong Tiakar, Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, akhirnya menarik nafas lega. Setelah sekian lama mendambakan untuk punya jalan penghubung antara Jorong Tiakar, Guguak VIII Koto-Jorong Balai Mansiro, Kubang, pada Senin (11/04/2023) penantian itu menampakkan titik terang. Adalah Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang memastikan ruas jalan tersebut bakal difasilitasi.

Skema anggaran perubahan dan bahwa tahun 2023. “Saya berharap permintaan peningkatan akses jalan Jorong Tiaka menuju Jorong Balai Mansiro agar segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait”, pesan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Kepada Kepala Dinas PUPR dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan diminta sungguh-sungguh memperhatikan aspirasi warga dan menjabarkannya ke dalam program teknis di masing-masing perangkat daerah. Respon itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota dalam kesempatan dialog dengan jemaah tarwih menyusul aspirasi warga yang disampaikan Wali Nagari Guguk VIII Koto Yosrizal pada saat kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) I 1443 H Limapuluh Kota putaran ke-9 di Masjid Baburrahamah, Jorong Tiakar, Guguak VII Koto.

Pada kesempatan itu Bupati Safaruddin kembali menekankan beberapa program prioritas pemerintah daerah sampai tahun 2024 seperti peningkatan infrastruktur termasuk jalan, pertanian dan pendirian rumah tahfidz satu per nagari. Warga Jorong terlihat antutias menyambut rombongan TSR I. Kegiatan Safari Ramadhan diawali berbuka bersama Bupati dan rombongan dengan Camat, Forkopimca, Wali Nagari, Bamus Nagari, serta masyarakat Jorong Tiakar, Guguak VIII Koto yang memadati Masjid Baburrahamah.

Bupati yang juga selaku Pimpinan TSR I, di momentum Safari Ramadhan 1443 putaran ke-9 ini didampingi Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Syamsul Mikar, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati, Kepala Distanhorbun Witra Porsepwandi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Plt. Kepala Dinas PUPR Rilza Hanif, Plt. Kepala Bapelitbang Aimel Nazra, Dirut PDAM Lima Puluh Kota Zulbadri.

Pada pelaksanaan Safari Ramadhan Limapuluh Kota hari ke-sembilan itu, selain menyampaikan program/kegiatan pembangunan, wirid pengajian, serta menghimpun aspirasi warga dalam dialog TSR dengan masyarakat. Sementara untuk pemberdayaan di sektor pertanian khususnya tanaman pangan, peningkatan produksi dan produktivitas jagung, merupakan program prioritas yang bertujuan menunjang Limapuluh Kota selaku sentra ternak unggas di Sumatera Barat. Strategi yang dikembangkan melakukan budidaya integratif berbasis komoditi. “Tahun ini, Kelompok Tani Pakek Beringin, di Guguak VIII Koto akan menerima bantuan berbasis jagung pada lahan integratif budidaya tani ternak seluas 20 Hektar,” ungkap Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Pada tahun selanjutnya bantuan berbasis peternakan pada lahan integratif.

Berbicara tentang keimanan dan ketaqwaan, lebih lanjut Bupati Safaruddin mengatakan terdapat lima program unggulan yang sudah dirancang oleh Pemkab Limapuluh Kota sebagai upaya mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah. “Kita juga sedang prioritaskan satu nagari satu rumah tahfidz. Dan pada tahun ini kita juga merekrut guru tahfidz sebanyak 68 orang, kalau ada yang berminat silahkan mendaftarkan diri” pungkas Bupati.

Penghujung Kegiatan Safari Ramadhan, Bupati Safaruddin bersama rombongan menyerahkan bantuan kepada Masjid Baburrahamah senilai Rp. 20 juta rupiah serta Bupati juga Serahkan bantuan dari Baznas kepada Garin Masjid di Nagari Guguak Delapan Koto yaitu Ma, Sahmar, dan Tasman. (*)