Seismik 3D Idaman, Upaya Tingkatkan Cadangan Migas di Sumatera Bagian Selatan

Berita, Sumsel147 views

HEADLINESRIWIJAYA.COM.-

Palembang – Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4 terus berupaya mendorong tercapainya target produksi di tahun 2030 guna terpenuhinya kebutuhan energi dalam negeri. Salah satunya dengan memberikan dukungan penuh pada kegiatan seismik. PHR Regional Sumatera laksanakan sosialisasi terkait kegiatan tersebut di Ballroom Hotel Santika Premier Palembang bersama para pemangku kepentingan yang berada di wilayah kerjanya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), pada jumat (4/2).

Bumi Serepat Serasan Kabupaten PALI menjadi salah satu wilayah di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang akan dilakukan kegiatan Seismik 3D Idaman karena di wilayah tersebut masih terdapat peluang untuk mengembangkan potensi hidrokarbon interfield antara lapangan Benuang, Ibul Tenggara (IBT), Raja, Candi (CND) dan Manis (MNS) pada Formasi Talang Akar berdasarkan Sumur CND-01, MNS-01 dan IBT-02.

Manager Exploration Planning & Operation Regional 1, Dina Novi Susanti, dalam paparannya mengatakan kegiatan seismik yang dilakukan merupakan upaya dalam rangka memastikan potensi hidrokarbon dibeberapa struktur lapangan yang berada di wilayah Pertamina EP (PEP) Adera Field dan PEP Pendopo Field. Potensi hidrokarbon selanjutnya diharapkan menjadi peluang untuk dilakukan pengeboran eksplorasi sebagai upaya meningkatkan produksi Migas nasional.

“Melihat evaluasi beberapa lapangan seperti Benuang, Ibul Tenggara, Raja, Candi dan Manis pada Formasi Talang Akar, akan dilakukan survei seismik 3D untuk memastikan potensi hidrokarbon yang ada,” ucap Dina.

Wakil Bupati Kabupaten PALI, Drs. H. Soemarjono, menyampaikan dukungan penuh kepada Pertamina dalam upaya meningkatkan produksi migas melalui kegiatan survei seismik 3D Idaman yang akan dilaksanakan di Kabupaten PALI, hal ini tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat di Bumi Serepat Serasan,” tutur Soemarjono.

Soemarjono juga megajak kepada para pemangku kepentingan hingga tingkat pemerintahan Kepala Dusun maupun RT untuk dapat memberikan kelancaran bagi kegiatan tersebut, guna menciptakan iklim bisnis yang kondusif bagi investor di wilayah ini.

Kepala Departemen Operasi SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Djanuarto, menyampaikan harapan penuh keberhasilan dari kegiatan Seismik 3D Idaman ini dengan memberikan nilai kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten PALI. “Upaya Pemerintah Republik Indonesia untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia terus dilakukan termasuk juga wilayah Sumbagsel khususnnya di Kabupaten PALI, hal ini kita lakukan melihat masih banyaknya potensi bagus di Kabupaten PALI yang dapat dikembangkan oleh karena itu kami mohon dukungan sepenuhnya dari pemerintah dan masyarakat pada kegiatan Seismik 3D Idaman tersebut guna mendukung ketahanan energi nasional,” ungkap Bambang.

Kegiatan Seismik 3D Idaman merupakan salah satu strategi pemerintah dalam upaya pencapaian target produksi Migas, sinergi dan kolaborasi yang baik antara perusahaan dengan para pemangku kepentingan membawa kebermanfaatan bagi masyarakat serta terus berkomitmen dalam melaksanakan kinerja optimal dan terus meningkatkan kontribusi migas guna menopang ketahanan energi nasional.(*)

Editor; Heri Chan

Komentar