MAN 1 Kota Bukittinggi menggelar acara penyerahan sertifikat halal kepada 22 pelaku usaha / UMKM

Headlinesriwijaya.com

Bukittinggi,  — MAN 1 Kota Bukittinggi menggelar acara penyerahan sertifikat halal kepada 22 pelaku usaha / UMKM yang menitipkan produknya di MAN 1 Kota Bukittinggi. Penyerahan ini dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula madrasah pada pukul 08.00 WIB ini menjadi bukti konkret komitmen pemerintah dalam menjamin kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk.

Kehadiran berbagai pihak terkait turut memberikan nilai lebih dalam acara ini. Kakankemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi, MA, Kamad MAN 1 Kota Bukittinggi, Drs. Irsyad, M.Pd, para Wakil Kepala, Kaur TU, Majelis Guru, Pegawai, dan Peserta Didik serta petugas dari Lembaga Dakwah pelajar dan mahasiswa ( LDPM ) yaitu Lembaga yang mendampingi PPPH dalam membantu penerbitan sertifikat Halal/SH turut menyaksikan momen bersejarah ini.

Sertifikat halal diberikan langsung oleh Kakankemenag Kota Bukittinggi, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para pelaku usaha. H. Eri Iswandi, MA mengungkapkan, “Selamat kepada pelaku usaha yang menerima sertifikat halal secara gratis. Hal ini merupakan bukti komitmen pemerintah bersama UMKM agar usaha masyarakat mendapat pengakuan yang jelas.” ujarnya.

Tidak hanya itu, H. Eri Iswandi, MA juga mengingatkan para pelaku usaha untuk senantiasa menjaga amanah dalam menjalankan usaha mereka, demi menjaga kualitas kehalalannya. Pesan ini tercermin dalam kesungguhan pemerintah dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk yang dihasilkan.

Acara ini bukan hanya sekadar penyerahan sertifikat, tetapi juga sebagai wujud nyata upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dalam hal ini terdapat dilingkungan madrasah. Sertifikat halal bukan hanya sebagai tanda pengakuan, tetapi juga sebagai daya saing produk di pasaran yang semakin sadar akan pentingnya kehalalan dalam kehidupan beragama.

Sebagai penutup acara, semangat kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha terus ditekankan. Dengan langkah nyata seperti penyerahan sertifikat halal ini, diharapkan semakin banyak pelaku usaha yang dapat memenuhi standar halal, menjaga kualitas produk, dan memberikan kepastian kepada konsumen. (Dhila,Tim Humas/Syafrial/*)

Komentar