Bupati Safaruddin Buka GHST Festival 2022,* *Ribuan Goweser Takjub dengan Lembah Harau.*

Headline Sriwijaya.com

*Limapuluh Kota, * – Dunia pariwisata Limapuluh Kota semakin mendapat tempat di hati wisatawan lokal dan nusantara. Itu ditandai dengan melimpahnya peminat berbagai iven pada Geopark Harau Sport Tourism (GHST) Festival tahun 2022 yang digelar Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota bekerja sama dengan Padang TV. Seperti pada iven sepeda santai (Fun Bike) mengelilingi ikon destinasi wisata Luak Limopuluah Lembah Harau ribuan pegowes tak hanya datang dari antero Sumatera Barat, tetapi juga dari provinsi tetangga, Riau dan Jambi. Sepanjang rute, para pesepeda terlihat takjub dengan pemandangan tebing-tebing vertikal dipadu dengan hamparan persawahan dan segarnya udara di Lembah Harau yang berjuluk ‘Grand Canyon’-nya Sumatera Barat. Secara resmi bergulirnya GHST Festival 2022 ditandai penglepasan ribuan goweser Fun Bike oleh Bupati Safaruddin Datuk Bandaro Rajo di pusat Komplek Kantor Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di Sarilamak, Minggu (25/12/2022). GHST Festival 2022 merupakan strategi Disparpora untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Limapuluh Kota dengan memanfaatkan momentum libur anak sekolah dan nuansa libur Natal dan Tahun Baru. Kemeriahan GHST Festival tahun 2022 semakin komplit dengan kehadiran langsung Pejabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda. Terlihat mendampingi Bupati Safaruddin dan Pj Walikota Rida Ananda, unsur Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota, Direktur Padang TV Rita Gusveniza dan perwakilan Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota Desri, para peserta Fun Bike memulai garis star di Plataran Kantor Bupati, kemudian diarahkan menuju rute Sarasah Tanggo, Simpang Solok Bio-Bio, kemudian menuju ke arah Dinas Perikanan, terus ke Ngalau Agung, Sarasah Boenta dan langsung ke garis finish di Air Terjun Aka Berayun serta Objek Wisata Lembah Harau.

Sejumlah komunitas gowes Sumbar dan masyarakat tampak bersemangat meramaikan Geopark Harau Sport Festival yang diselenggarakan Padang TV bekerja sama dengan Pemkab Limapuluh Kota. Tak hanya sepeda santai, iven ini juga dimeriahkan senam massal, pameran ekonomi kreatif, atraksi seni dan serta kampanye Mahkota Berlian (Lima Puluh Kota Bersih Lingkungan) di lokasi objek wisata Lembah Harau. Berbagai hadiah menarik telah disiapkan Padang TV dan Pemkab Limapuluh Kota bagi peserta, hadiah utama memperebutkan satu unit sepeda motor, sepeda, kulkas, televisi, kompor gas dan doorprize menarik lainnya. Dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Geopark Harau Sport Festival, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengucapkan selamat datang kepada para pesepeda baik perseorangan maupun komunitas. Dikatakan Bupati Safaruddin, kegiatan ini merupakan gaya hidup bagi masyarakat untuk menikmati destinasi wisata yang melimpah di Kabupaten Limapuluh Kota. “Potensi wisata ini yang menjadi Daya Tarik Wisata Unggulan (DWTU) Limapuluh Kota, termasuk DWTU Sumbar”, terangnya.

Dilanjutkan Bupati Safaruddin, rangkaian kegiatan Geopark Harau Sport Festival tahun 2022 ini sangat strategis dalam mendukung salah satu program unggulan Kabupaten Limapuluh Kota di bidang wisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, sebagai pintu gerbang bagian timur propinsi Sumbar yang memiliki potensi pertanian, peternakan dan perikanan serta destinasi wisata, menjadikan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai basis pengembangan pertanian dan pariwisata yang tersebar di 79 nagari dengan berbagai daya tarik tersendiri. “Potensi ini yang harus dimanfaatkan dalam pengembangan pembangunan kemasyarakatan dengan melibatkan seluruh stakeholder dengan berbagai kompetensi serta lingkup tugas masing-masing. Selamat datang di Lima Puluh Kota, mari sama-sama kita nikmati sejuknya pemandangan Geopark Lembah Harau”, tukas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda terlihat bersama komunitas sepeda ASRI Kota Payakumbuh mengaku senang. Selain untuk menjaga kebugaran dan menikmati indahnya alam Lembah Harau, kegiatan Geopark Harau Sport Festival tahun 2022 juga menjadi ajang silaturahmi dengan para goweser lainnya. “Jangan lupa, kepada goweser yang berkunjung untuk mampir menikmati kuliner yang enak dan lezat”, kata Pj. Wako Rida Ananda digaris finish Aka Barayun. Disela acara Geopark Harau Sport Festival tahun 2022 tersebut, Bupati Safaruddin bersama Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda, perwakilan Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota Desri dan didampingi oleh Ketua Koni Limapuluh Kota Wirianto, Dt. Paduko Basa Marajo serta disaksikan oleh ribuan Goweser juga berkesempatan melepas secara resmi keberangkatan Muhammad Yusuf warga Nagari Sungai Kamuyang Kecamatan Luak untuk melakukan perjalanan jauh ke Tanah Suci Makkah via jalur darat dengan hanya menggunakan sepeda. (*)

Komentar