Buka Alek Buru Nagari Taram, Ketua PORBBI Sumbar Riza Falepi : Menjaga Budaya, Tingkatkan Ekonomi Dan Pariwisata

Headlinesriwijaya.com 

Luak Limopuluah — Ketua PORBBI Sumatera Barat H. Riza Falepi, ST, MT menggunting pita tanda dibukanya Alek Baburu Nagari Taram 2 yang diselenggarakan di Nagari Taram, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (05/06/2022)

Alek ini diikuti oleh ribuan peburu dari Sumatera Barat dan Riau, dengan gerbang pelepasan anjing peburu di Padang Andaleh, Jorong Parak Baru.

Riza Ralepi bersama Pengurus PORBBI Sumbar seperti Andi Teropong, Utiah, Syaiful, Doni Saputra, dan lainnya juga didampingi Ketua PORBBI Kota Payakumbuh Robby Setyadi H menyampaikan apresiasi atas semangat para peburu dan masyarakat taram dalam menyambut iven ini.

“Selain dapat memberantas hama pertanian, iven ini juga dapat meningkatkan usaha pelaku UMKM di daerah,” kata Riza.

Riza dan Pengurus PORBBI yang baru saja dilantik oleh Wakil Gubernur beberapa minggu lalu itu menambahkan, ini merupakan iven perdana PORBBI Sumbar periode 2022-2027, selanjutnya juga telah dijadwalkan iven alek gadang serupa secara bergilir untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat.

“Jadwal berburu menyesuaikan dengan musim panen. Yang penting, semangat ini harus terus kita geliatkan, karena baburu adalah budaya dan rekreasi yang harus terus kita lestarikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ibu Er, salahsatu warga penjual cendol di lokasi acara yang didatangi oleh Riza dan pengurus menyampaikan sangat menyambut baik iven ini. Dengan ramainya orang yang datang tentu transaksi terjadi, tak hanya kepada Ibu Er, bahkan penjual Nasi, gorengan, buah-buahan dan minuman segar juga ikut ketiban rezeki.(*)