Ratusan Karateka Bertanding Di GOR Batang Agam

Headlinesriwijaya.com

Payakumbuh — Wali Kota Riza Falepi membuka gelaran Lemkari Open Bintang Copa Cup Piala Wali Kota Payakumbuh Tahun 2022 di Gedung Olah Raga Kawasan Wisata Batang Agam, Jumat (27/05/2022).

Pada pembukaan itu turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Desmon Corina, Sekdis Delni Putra, Ketua Pengcab Lemkari Kota Payakumbuh YK. Dt. Patiah Baringek, Ketua Panitia Ipda Faisal, juga tampak Ketua Pengprov Lemkari Sumbar, Ketua Pengcab Lemkari Kabupaten Limapuluh Kota

Dalam sambutannya Wali Kota Riza Falepi yang merupakan pembina Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Kota Payakumbuh berharap masyarakatnya bisa hidup sehat dengan sering meluangkan waktu berolahraga, makanya Dia banyak membangun sarana dan prasarana olahraga guna mendukung hal tersebut.

Di samping itu, wali kota dua periode itu mengatakan Kota Payakumbuh memiliki potensi SDM yang mumpuni untuk bersaing di kancah yang lebih tinggi, hanya saja selama ini belum terfasilitasi.

“Kalau saya ingin dari Kota Payakumbuh ada atlet untuk PON, kalau bisa Olimpiade, sehingga nama daerah kita harum di mata dunia,” kata Riza.

Riza berpesan selama pelaksanaan iven ini di Payakumbuh, panitia penyelenggara bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu yang datang dari luar daerah.

“Keramahtamahan itu penting, apalagi kalau orang berwisata ke tempat kita,” ujarnya.

Sementara itu, dari keterangan Ketua Panitia Ipda Faisal menyampaikan kejuaraan karate “Bintang Kopa ll” memperebutkan piala Wali Kota Payakumbuh ini digelar oleh Perguruan Lemkari Bintang Kopa yang dilaksanakan dari Kamis hingga Minggu, 27 hingga 29 Mei 2022.

“Pertandingan ini diikuti oleh beberapa perguruan Lemkari, yang berasal dari Sumatera Barat dan Riau, dengan jumlah atlit sebanyak 270 orang. Kejuaraan karate ini di samping mencari bibit/atlit karateka yang potensial sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar perguruan Lemkari,” ujarnya.

 

Salah seorag peserta RACHEL NAILSA FAIRUZ meskipun umurnya baru 13 tahun tapi telah berprestasi di berbagai pertandingan baik lokal maupun Nasional

Rachel Nailsa Fairuz anak kedua dari tiga bersaudara   Pasangan dari Nailus Saadah.SH ASN Kota Payakumbuh dengan Santoso dia mulai belajar karate dari kelas 3 Sekolah Dasar .

“Sekurangnya 11 medali diraihnya 3 medali emas ,4 perak dan 4 medali perunggu yang menghiasi lemari dan dia selalu berlatih dan bertanding “ujar Rachel ditemui saat bertanding.

Kedua orang tuannya Nailus Saadah dan Santoso selalu memberi motivasi kepada putrinya apalagi adiknya RIFAD SA NIL IMAN UMUR 11 TH masih duduk di kelas 5 SD juga mengikuti bakat kakaknya di bidang olah raga bela diri karate.

Salah satu Tim peserta yang banyak meraih medali emas pada Kejuaraan ini yakni Tim Braja Sakti Junior yakni merah 6 Emas 2 perak. 6 medali perunggu .

 

Melalui duet pelatih Tim Braja Sakti Silvawita Nalia dan Diky Azman pelatih yang telah banyak anak asuhnya berprestasi,untuk medali emas diraih

1.M. Rakha ArayanJuara I kumite +30 kg Dini Putra
2.Thofail Sadid Azman → Juara I Kata Perorangan Pemula Putra 40kg Pemula Putra.
3 Fahriel Vaniza → Juara II Kata Perorangan Pemula Putra Juara I Kumite + 40 kg Pemula Putra
4.Rachel Nailsa Fairuz → Juara I kumite – 30 kg Pemula Putri
5.Zahratus syrta → Juara I Kata Perorangan Cadet Putri
Juara I kumite + 54 kg Cadet Putri

6 .Devan Putra Wijaya → Juara III kumite + 35 kg Pra Pamola Pota

7.Intan Deswini FitriJuara 1 Kata Perorangan Pemula Putra Juara kumite + 35 kg Pemula Putri

8.Chika Charizya → Juara I Kumite -35 kg Pemula Putri
9.Nur Aisyah → Juara I Kumite – 47 kg Cadet Putri

10.Almira Suhaima Ritongga Juara II komite -54 kg Cadet Putri.
( Anasrul )