Peringati Harhubnas, Dishub Mura Adakan Kegiatan Sosial Bantu Keselamatan Umat

HEADLINESRIWIJAYA.COM.

MUSI RAWAS– Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke-77, Dinas Perhubungan (Disbub) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan kegiatan bakti sosial. Tujuannya yakni disamping berbagi kepada warga yang tidak mampu sekaligus membantu keselamatan umat.

Kepala Disbub Kabupaten Mura, Adi Winata mengatakan bahwa dalam rangka Harhubnas Ke-77 Tahun 2022 yang jatuh pada 17 September. Maka disamping mengikuti upacara pihaknya pertama kali  melakukan berbagai kegiatan sosial.

Dikatakannya, adapun kegiatan sosial yang dimaksud yakni anjangsana ke panti jompo dan panti asuhan di Kecamatan Tugumulyo dan Muara Beliti untuk memberikan bantuan sembako serta pakaian layak pakai. Sedangkan, hari ini (kemarin) pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, PMI serta Rumah Sakit (RS) Dr Sobirin melakukan donor darah baik dari internal Dishub maupun dari pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

“Selain donor darah, kami juga menggandeng PT Kalbe untuk mengecek gula darah secara gratis. Dimana, kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Pemkab Mura,”kata Adi Winata, Kamis (22/9/2022).

Menurut ia, kegiatan anjangsana dan donor darah ini pertama kali dilakukan. Sebab, untuk Harhubnas sebelumnya hanya diadakan kegiatan internal saja dan bukan bakti sosial seperti ini. Sehingga, dengan begitu ia meminta partisipasi setiap OPD untuk berpartisipasi mengirimkan utusannya mengikuti kegiatan donor darah ini.

Terlepas dari itu, Mantan Camat Muara Lakitan ini memastikan bahwa kegiatan sosial seperti ini akan berlanjut dan menjadi agenda tahunan dalam perayaan Harhubnas. Apalagi, dengan mendonorkan darah ini setidaknya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan untuk keselamatan umat yang kesulitan mendapatkannya serta bisa menjadi ibadah dan juga bagus untuk kesehatan.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah RS Sobirin, Dr Iskandar menyambut baik dengan adanya kegiatan donor darah yang difasilitasi Dishub Mura ini. Apalagi, setiap bulannya kebutuhan darah di RS Sobirin cukup tinggi mencapai 400 kantong setiap bulannya. Sehingga, dengan adanya penambahan donor darah ini maka bisa menjamin stok darah dapat aman bagi masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan. (Kr)

Komentar