oleh

Perhatikan Kesehatan WBP, Lapas Banyuasin Lakukan Skrining HIV

HEADLINESRIWIJAYA.COM

BANYUASIN,— Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasin Kanwil Kemenkumhan Sumsel melalui tim kesehatan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada warga binaan, Rabu (16/03/2022). Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan yang diantaranya penyuluhan kesehatan dan skrining penyakit HIV bagi sebagian orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Banyuasin.

Kepala Lapas Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, kegiatan ini melibatkan 3 (tiga) orang tenaga kesehatan dari Lapas Banyuasin melakukan skrining kepada 10 orang warga binaan.

“Pemeriksaan kesehatan ini, selain dalam rangka menciptakan kondisi sehat para WBP juga dalam rangka deteksi dini atau upaya pencegahan potensi gangguan keamanan yang disebabkan oleh keresahan para WBP atas kurang optimalnya berbagai layanan di Lapas termasuk layanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu Henny Purnamasari selaku petugas kesehatan Lapas Banyuasin menyampaikan bahwa kegiatan skrining ini memiliki peran yang sangat penting, karena merupakan salah satu upaya melakukan deteksi dini untuk mengetahui gangguan kesehatan yang diderita oleh seseorang.

“Mencegah lebih baik dari mengobati. Secara bergiliran semua WBP dilakukan skrining HIV, sekaligus juga dicek penyakit lainnya. Apabila terdeteksi ada yang positif akan segera diisolasi dan diberikan perawatan”, ungkapnya.(rel)

Editor: Heriyanto

Berita Pilihan