Peran guru Paud dan TKsangat penting membentuk karakter anak.

Headlinesriwijaya.com

Bukittinggi, -Peran guru Paud dan TK memang sangat penting dalam membentuk karakter anak. Apa yang diajarkan sejak dini, menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi masa depan.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, dalam kegiatan Refresher Training Untuk Guru Paud dan TK oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) Semai Benih Bangsa (SBB) Sumatra Barat. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Balaikota, Selasa (10/05/2022).

Wawako menjelaskan, Peran Guru Paud dan TK sangat besar dalam membentuk karakter anak sejak dini. Banyak ilmu non formal yang dapat diajarkan oleh para guru Paud sehingga akan mempengaruhi etika serta akhlaq mereka menuju generasi emas 2045.

“Jika generasi kita kuat secara hafalan, kedepan mereka akan kuat dalam ber inovasi, memberikan masukan terbaik untuk keluarga, lingkungan dan bahkan pemerintahan. Itu semua didasari dengan asuoan makanan yang halal lagi baik, gizi yang cukup, ajaran orang tua dan ilmu yang diberikan Guru Paud dan TK sebagai langkah pertama mereka di jenjang pendidikan formal,” ujar Marfendi.

Tantangan mereka di masa depan, lanjut Wawako, lebih berat dari tantangan dunia saat ini. Untuk itu, ada tiga karakter penting yang harus diajarkan guru Paud dan TK saat ini.

“Ajarkan mereka tentang karakter iman, karakter profesioanal dan karakter yang selalu berkoneksi dengan Allah SWT. Dengan minimal tiga karakter ini, mereka akan mampu dengan baik menghadapi tantangan masa depan,” ungkap Marfendi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Melfi Abra, menambahkan, anak yang dididik melalui Paud dan TK dengan guru yang berkualitas, akan berdampak positif bagi masa depan anak. Pelajar Paud dan TK saat ini akan menjadi penerus masa depan, yang pendidikannya tergantung dengan apa yang diajarkan oleh para guru Paud sejak dini.

“Patut dipahami, Paud dan TK, akan pengaruhi 80 persen karakter generasi muda sejak dini. Jadilah guru Paud dan TK yang berkualitas, karena efeknya akan sangat mempengaruhi karakter para pelajar,” ujarnya.

Refresher Training Untuk Guru Paud dan TK oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF) Semai Benih Bangsa (SBB) Sumatra Barat ini, diikuti oleh ratusan guru se Sumatra Barat.( Anasrul )