MEDCO E & P Malaka GalakKan P3L di Desa di Areal Operasi 

Berita, Nasional128 views

HEADLINESRIWIJAYA.COM,- 

Aceh Timur– Medco E & P Malaka pengelola Blok A Migas Aceh Timur membuka demplot Pemamfaatan Perkarangan Pangan Lestari (P3L) kepada lima kelompok tani di dua desa daerah operasi perusahaan. Kegiatan tersebut merupakan dukungan Perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam meningkatkan program P2L.
Adapun 5 kelompok tani yang didomisi kaum hawa untuk demplot P3L tahun ini yakni; Kelompok Bunga Melati (20 anggota), Kelompol Srikandi (29 anggota), Kelompok Bunngong Seulanga (16 Anggota) di Desa Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.
Selanjutnya, untuk kelompok Bunga Mawar (15 Anggota), dan Kelompok Bungong Pade (14 Anggota) di Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.
Kelima kelompok Demplot P3L tersebut di bina langsung oleh fasilitator pertanian organik dari Alexa Medco E & P Malaka, Zulfan, S.Pd alias Pak Tani.
“Kegiatan P3L atau P2L ini dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan keluarga,” ujar Pak Tani.
Lanjutnya, semua kelompok akan memamfaatkan lahat perkarangan untuk menanam tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga yang beragam, bergisi seimbang dan aman dikosumsi.
“Alhamdulillah, sampai hari ini kelima kelompok demplot P3L ini sudah melakukan pematangan lahan dan ditinjau langsung oleh pihak pemberdayaan dari Medco E & P Malaka,” para Zulfan.
Tambah Pak Tani, pembinaan yang dilakukan pihak perusahaan termasuk, penyedian bibit tanaman sayuran dan palawija, waren dan polibag serta pedampingan hingga program ini berkelanjutan.
“Luar biasa sambutan masyarakat dan anggota kelompok terhadap progam ini. Semoga program P3L ini bermanfaat untuk meayarakat daerah ini. Jika program ini berjalan tentunya masyarakat daerah ini tidak ketergantungan lagi dengan sayur dari luar daerah. Mau masak petik,” demikian Pak Tani.
Sementara itu, Misriani Ketua Kelompok Bunga Melati Desa Alue Siwah Kecamatan Nurussalam, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PT Medco E & P Malaka yang telah mengucurkan program P3L ini.
“Program ini sangat bermamfaat bagi kami masyarakat petani di daerah pedalaman. Lewat program ini lahan perkarangan di desa kami dapat termamfaat untuk kebutuhan pangan rumah tangga. Harapan kita pihak perusahaan juga dapat menyediakan rumah bibit (Rumah Kaca) kepada kelompok kami,” demikian Misriani. (*)

Editor : Heri Chaniago

Komentar