Upaya Nyata Tekan dan Kendalikan Laju Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Gelar Operasi Pasar Murah

Banyuasin, Berita73 views

HEADLINESRIWIJAYA.COM.

Banyuasin – Dalam upaya menekan laju inflasi dan meningkatkan ekonomi kreatif, Pemerintah Kabupaten Banyuasin dibawah komando Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH terus melakukan berbagai upaya nyata dalam menekan dan mengendalikan laju inflasi di Kabupaten Banyuasin.

Untuk memastikan pelaksanaan berjalan lancar Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam melakukan pemantauan secara langsung yaitu Pelaksanaan Operasi Pasar, Peninjauan Pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD), Stand UMKM, dan Pelayanan Kesehatan yang bertempat di Halaman Kantor Camat Talang Kelapa, Senin (20/11).

Perlu diketahui Operasi Pasar dan Bazar UMKM perdana dilaksanakan pada tanggal (7/11) di Graha Sedulang Setudung, dengan berbagai pameran dari 21 Kecamatan baik pelaku UMKM dan UP2K PKK dimana bertujuan agar mewujudkan ekonomi kreatif serta memiliki produk yang punya daya saing hebat dan bisa meningkatkan harga jual yang tinggi.

Adapun untuk harga operasi pasar yang digelar di Kecamatan Talang Kelapa meliputi 1 Paket Sembako terdiri dari 5 kg beras dan minyak goreng 1 kg Rp. 69 ribu.
Berikut harga beberapa komoditi yang dijual dilokasi :

Bawang Merah 1 kg Rp. 23 ribu,
Cabe Setan 1 kg Rp. 80 ribu,
Cabe Merah Keriting 1 kg Rp. 70 ribu,
Gula 1 kg Rp. 15 ribu,
Minyak Goreng 2 liter Rp. 28 ribu,
Daging Sapi 1 kg Rp. 97 ribu,
Daging Kerbau 1 kg Rp. 80 ribu,
Ikan Patin 1kg Rp. 20 ribu, dan
Ikan Lele 1kg Rp. 20 ribu.

Pada kesempatan ini, Orang Nomor Satu Di Bumi Sedulang Setudung H. Hani Syopiar Rustam menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan operasi pasar murah untuk menekan laju inflasi dan pengendalian harga serta stock barang kebutuhan seperti Beras, Minyak Goreng, Gula, Cabe, Bawang. Yang telah bekerjasama dengan Pemkab Banyuasin dalam rangka untuk menekan harga pangan yang naik tinggi dan juga indikasi bahan pokok lainnya naik. Ini merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan selama 3 (tiga) minggu berturut-turut yang telah diselenggarakan kegiatan operasi pasar murah.

“Adanya kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan secara rutin ini dapat membantu menurunkan laju inflasi daerah Kabupaten Banyuasin, serta dapat membantu meringankan seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Apalagi ini nanti akan berpengaruh pada inflasi secara Nasional masih ada 7 atau 8 titik lagi kedepan, intinya tiap minggu Pemkab Banyuasin hadir melayani masyarakat untuk memberikan layanan pangan dengan harga yang murah seperti hari ini cabe kita jual dengan separuh harga dibandingkan harga dipasaran,” jelasnya.

Dilanjutkan, Pj. Bupati Banyuasin menghimbau kepada seluruh OPD dan jajaran terkait Camat, Lurah, dan Kades agar mencari langkah-langkah dalam menurunkan inflasi daerah, Pj. Bupati H. Hani juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar menerapkan program menanam sayuran terutama cabe baik dalam skala besar maupun skala kecil. Seperti dipekarangan rumah, dalam pot, dalam polibag, dan lain-lain agar tetap menjalankan program Pemerintah Kabupaten Banyuasin yaitu Gemar Menanam Sayur (Gertas).

Antusias masyarakat sangat luar biasa semua paket yang disediakan diborong oleh masyarakat Kecamatan Talang Kelapa, hadirnya operasi pasar disini dapat meringankan beban masyarakat serta menjaga stabilitas pasokan harga.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan bahan pangan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Perlu diketahui kegiatan Operasi Pasar akan dilaksanakan di 10 (sepuluh) lokasi yaitu :

Kantor Camat Talang Kelapa
Gedung Majelis Taklim Kecamatan Betung
Kelurahan Mariana Kec. Banyuasin l
Desa Sungsang l, Kec. Banyuasin ll
Kantor Camat Suak Tapeh
Kelurahan Pangkalan Balai, Kec. Banyuasin lll
Desa Sungai Pinang, Kec. Rambutan
Kantor Camat Tanjung Lago
Pasar Kuliner Kabupaten Banyuasin
Kantor Camat Tanjung Lago

Kegiatan pelaksanaannya bekerjasama dengan OPD terkait, pihak Kecamatan, Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel dan Distributor-distributor seperti PT. Sungai Budi, CV. Amirsya dan lain-lain.

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Koperindag-UKM Ir. Alfian Soleh, MM, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Hj. Nurlaila, S.Sos, Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Banyuasin Edil Fitriadi, SP.,M.SI, Camat Talang Kelapa Salinan, S.Sos.,M.SI, Para Lurah Se-Kecamatan Talang Kelapa.(*).

Editor: Heri chaniago

Komentar