oleh

Pengambilan Sumpah Tenaga Medis Melalui Vidcon

headlinesriwijaya.com- Meski aktivitas roda Pemerintahan dibatasi di tengah wabah Covid-19 ini, namun Pemkab Muba berupaya agar pelayanan publik khususnya pelayanan kesehatan terus berjalan maksimal untuk masyarakat.

Berkenaan dengan ditetapkannya keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 tentang penetapan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona. Agar pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah dapat berjalan optimal, perlu memberikan pedoman pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah PNS atau sumpah jabatan pada masa status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona.

Dalam hal ini guna memaksimalkan pelayanan publik, Bupati Muba, H Dodi Reza Alex melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muba mengambil sumpah PNS sebanyak 11 Tenaga Kesehatan, yaitu 4 dokter dari formasi PNS 2018 dan 7 Bidan PTT Kementerian Kesehatan  yang bertugas dibeberapa Puskesmas di Kecamatan dan RSUD Sungai Lilin serta RSUD Sekayu. Selasa (5/5).

Uniknya, dalam rangkaian pengucapan sumpah PNS Tenaga Fungsional Pemkab Muba ini, sembilan diantaranya dilantik menggunakan video conference (vidcon) atau virtual dengan aplikasi zoom.

“Ini dilakukan guna menghindari kerumunan, oleh karena itu kita jalankan prosesi pengucapan sumpah PNS ini sesuai protokol kesehatan Covid-19. Kemudian dari 11 yang disumpah hadir secara fisik hanya 2 dan 9 orang lainnya diambil sumpah secara virtual atau menggunakan vidcon,” ungkap Sekda.

Dikatakan Sekda, pengambilan Sumpah PNS hari ini yang cukup mengesankan, dari sisi waktu dan biaya tentu sangat efisian. Sejatinya, dalam kendala pendemi corona ini, selaku ASN harus tetap punya kewajiban melaksankan tugas dengan baik.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Muba, Sunaryo menyebutkan, pengambilan sumpah PNS ini kedua kalinya dilakukan menggunakan vidcon guna meminimalisir kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan mengacu pada SE Kepala BKN nomor:10/SE/IV/2020.

“Dari 11 yang diambil sumpah hanya dihadirkan secara fisik 2 orang, yang lainnya disumpah pakai aplikasi zoom di tempat masing-masing. 11 ASN yang diambil sumpah merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di beberapa Puskesmas yang ada di Muba yakni Puskesmas Jirak Kecamatan Sungai Keruh, Puskesmas Lais, Puskesmas Bayung Lencir, Puskesmas Babat Supat, Puskesmas Lalan serta RSUD Sekayu dan RSUD Sungai Lilin,”bebernya.(heri)

Berita Pilihan