oleh

Mantan Kalapas I Palembang Jabat Kakanwil Kemenkumham Sumsel

HEADLINESRIWIJAYA.COM

Palembang –Mantan Kepala Lapas Merah Mata Palembang, Harun Sulianto kini resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) dilaksanakan antara Harun Sulianto dan Rifqi Adrian Kriswanto (Plt. Kakanwil) bertempat di Aua Kanwil Sumsel, Kamis (10/3/2022).

Serah Terima Jabatan (sertijab) ini didisaksikan secara daring oleh Staf Ahli Mentri Hukum dan Hak Azazi Manusia (Menkumham) Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Iwan Kurniawan.

Sebelumnya, Harun Sulianto merupakan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. Harun Sulianto lahir di Belinyu Bangka, 8 April 1965. Mengawali kariernya di Kemenkumham sejak 1987, Harun merupakan lulusan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Kemenkumham angkatan 19.

Beberapa jabatan pernah dipegang putra kelahiran Belinyu Bangka ini, yakni Karutan Gresik Jatim (2004-2006), Kalapas Ciamis Jabar (2006-2007), Kalapas Pasir Putih Nusakambangan Cilacap Jateng (2007-2008), Kasubdit Pembinaan Dit Bina Binkemas Ditjen Pemasyarakatan (2008-2009), Kabid Keamanan dan Pembinaan Divpas Kanwil Jatim (2009-2012), Kalapas Jember Jatim (2012 -2014).

Kemudian menjadi Kalapas Palembang di Merah Mata, periode 2014-2015. Selanjutnya menjadi Kadiv Pemasyarakatan Kalsel hingga 2016. Tahun 2017, Harun dimutasi lagi sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kanwil kemenkumham Jatim. Lalu mendapatkan promosi lagi di pertengahan tahun 2017 sebagai Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjen Pemasyarakatan sampai dengan tahun 2019.

Februari 2019, Harun mendapatkan amanah menjadi Kakanwil Kemenkumham Sulbar di Mamuju, dan Juni 2020 hingga Maret 2022 menjadi Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. Sejak 10 Maret 2022, Harun  diberi amanah memimpin Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera  Selatan.(Rel)

Sejahterakan Anggota dan Masyarakat

HEADLINESRIWIKAYA.COM

MUBA- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar pelatihan pemberdayaan peningkatan produktivitas nilai tambah, akses pasar dan akses penguatan kelembagaan, manajemen, standarisasi, dan restrukturisasi usaha koperasi kewenangan kabupaten/ kota.

Kegiatan ini berlangsung di Wisma Atlet Sekayu, pada hari, Kamis (10/3/2022) dibuka Plt Bupati Beni Hernedi melalui kepala dinas koperasi dan UKM Ir Zulfakar MSi dan mengahdirkan para narasumber dari PT Pusri Palembang, Bulog Palembang, Pusat penelitian karet Sembawa, dan Bank Sumsel Babel.

Dalam sambutannya, Ir Zulfakar MSi menyatakan bahwa berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Muba agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang dan selalu eksis dengan dunia usahanya dalam rangka mensejahterakan ekonomi anggota dan masyarakat sekitarnya. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan, dan lain sebagainya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, koperasi kabupaten Muba dapat menunjukkan mitra kerjasama usaha koperasi, sehingga informasi yang disajikan dapat difahami, mudah ditelusuri dan diperiksa relevan akuntabel dan transparan dengan tujuan dapat menciptakan keseragaman dalam penerapan perlakuan akuntabel laporan pertanggungjawaban pengurus khususnya laporan keuangan dalam rapat anggaran tahunan (RAT),”harapnya.

Selain itu, Zulfakar juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para peserta yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Muba melalui Dinas Koperasi dan UKM.

“Kami sangat mengapresiasi kepada para peserta atas partisipasinya dalam kegiatan ini. Untuk itu, ikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh sampai selesai, sehingga sepulang dari tempat ini nantinya saudara dapat menerapkan ilmu ilmu yang didapatkan dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup koperasi,”tandasnya.(*)

Berita Pilihan