Lapas Banyuasin Semarakkan Kegiatan Touring Kumham Peduli Daerah Terpencil

HEADLINESRIWIJAYA.COM.

BANYUASIN,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin bersama seluruh Jajaran UPT di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan turut menyemarakan Kegiatan touring Kumham Peduli daerah terpencil, Minggu (25/07/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2022 dan digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk di wilayah Sumatera Selatan, pelaksanaan kegiatan digelar dengan start di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, dilanjutkan ke Desa Pangkalan Panji dan Tanjung Sari Kabupaten Banyuasin, dan finish di Lapas Kelas IIA Banyuasin Pangkalan Balai.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin melalui Kasubbag Tata Usaha Muhammad Faikar mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan berupa touring sepeda motor dengan start di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, kemudian rombongan touring menuju ke Musholla Al – Furqon dan Al- Kausar untuk memberikan bantuan Rehab secara simbolis, dilanjutkan dengan Bantuan Pembangunan Masjid Baitul Amanah, Bantuan Pembuatan MCK Warga, Rehab Pangkalan Ojek dan Pembagian Peralatan Olahraga. Terakhir finish di Lapas Kelas IIA Banyuasin.

“Kami turut bangga dapat berpartisipasi pada kegiatan ini, dengan dana yang terkumpul dari donasi 1.719 orang pegawai Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan dapat memberikan bantuan kepada desa terpencil, mulai dari rehab fasilitas umum di sana hingga bantuan – bantuan lainnya,” ungkapnya.

Kegiatan touring ini finish di Lapas Kelas IIA Banyuasin, para rombongan beristirahat dan makan siang bersama serta menikmati hiburan dari Band Lapas Banyuasin yang dihadirkan saat itu. Para peserta berlomba – lomba menyumbangkan suara emasnya dengan membawakan lagu andalannya untuk menghibur peserta lainnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pemasyarakatan Sumatera Selatan, Bambang Haryanto menyempatkan melihat – lihat taman hidrophonik yang dibangun di halaman depan Lapas di dampingi Kasi dan Kasubsi Lapas Banyuasin. Ia juga mengapresiasi dan berpesan agar kegiatan tersebut dapat terus dikembangkan.(fa)