oleh

Jalankan Program ICSB Kembangkan UKM Muba

HEADLINE SRIWIJAYA.COM

SEKAYU,MUBA-Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi diwakili asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH menghadiri Pelantikan Dewan Pengurus Indonesia Council For Small Business (ICSB) Periode 2022-2024 Kabupaten Muba berlangsung di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (01/4/2022).

Direktur ICSB area Kabupaten Muba resmi dinahkodai oleh Susy Imelda Beni yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Muba dilantik langsung oleh Ketua ICSB Sumsel Samantha Tivani Herman Deru BBus MIB.

Dalam arahannya, Plt Bupati Beni Hernedi diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH menyampaikan atas nama Pemkab Muba dirinya mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan ICSB Area Muba Masa Bakti 2022-2024.

Dikatakannya, ICSB tersebut hadir untuk membantu UMKM berkembang dan lebih kompetitif sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat di Kabupaten Muba sendiri.

Ia juga berharap agar pengurus ICSB yang baru dilantik akan bergerak cepat membangun jaringan sampai ke kecamatan, dengan jaringan tersebut akan lahir kader-kader UKM baru yang nantinya akan membantu pengembangan UKM sampai ke tingkat desa. “Saya berharap juga pemberdayaan koperasi UMKM dijadikan suatu gerakan masif. Saya mengajak mari kita gelorakan kembali semangat berkoperasi dan berwirausaha bagi masyarakat untuk mengurangi penduduk miskin di Kabupaten Muba,”terangnya.

ICSB ini, lanjutnya merupakan potensi besar dalam peluang usaha masyarakat, upaya peningkatan kualitas produk UKM dari produk lainnya. “Dengan demikian, pemerintah Kabupaten Muba selalu mendukung ICSB guna mempercepat pemulihan ekonomi,”ungkapnya.

Sementara Direktur Regional ICSB provinsi Sumsel Hj Samantha Tivani Herman Deru BBus MIB, dengan pembentukan ICSB kabupaten Muba merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian pemerintah provinsi terhadap keberadaan UKM di Kabupaten Muba.

“Saya sangat mengapresiasi terbentuknya kepengurusan pengurus area Kabupaten Muba ICSB, dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang strategis agar UKM kabupaten Muba lebih kompetitif dan lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan di Kabupaten Muba, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan daya saing sumber daya manusia dalam mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kabupaten Muba,”terangnya.

Samantha juga berharap Kepada direktur dan seluruh pengurus area kabupaten Muba ICSB menjadi payung organisasi daerah yang dapat mendorong peningkatan jumlah dan kualitas UKM di Muba, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. “Saya mengucapkan selamat terbentuknya organisasi ICSB di kabupaten Muba yang baru dilantik, saya ucapkan selamat bekerja, semoga UKM Muba menjadi tangguh dan lebih maju,”tandasnya.

Direktur ICSB area Muba Susy Imelda Beni dalam sambutannya, menjelaskan ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM), empat pilar pendukung dalam organisasi meliputi akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis.

Walaupun organisasi ini bukan organisasi pemerintah, lanjut Susy akan tetapi ICSB akan bekerjasama dengan stakholder lainnya dalam membina UKM kabupaten Muba untuk bisa berkembang.

Dijelaskan Susy, ada sebanyak 5000 UKM dari 15 kecamatan yang telah mendapat izin di kabupaten Muba. Selain itu, Muba juga sudah memiliki Pusat jajanan yang terletak di gelanggang remaja Sekayu, dan sudah punya Rumah Gambo.

Hal ini, salah satu upaya dan komitmen Pemerintah Kabupaten Muba untuk mensejahterakan Pelaku UMKM di Muba. “Mudah-mudahan dengan keberadaan ICSB area Kabupaten Muba ini akan memberikan warna baru dan menjadi wadah yang dapat menampung segala keperluan yang dibutuhkan oleh pelaku UKM untuk berkembang dan maju,”jelasnya.

Selain itu, Susy juga mengatakan ICSB Muba yang dilantik tersebut sudah siap bereaksi menjalankan program program yang telah dibuat dan ditetapkan. “Kami ICSB area Muba sangat mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Muba dalam menjalankan program atau kegiatan yang akan dilakukan kedepannya,”tandasnya.

Diakhir acara, diserahkan 35 unit bantuan mesin jahit kepada 35 UKM Muba dan bantuan sembako berupa uang tunai kepada panti asuhan El Nusa dan Hari Kurnia.(ray)

Berita Pilihan